05 Februari Posted by Genou Posted in
Posted by Genou on 05 Februari | Categories:

Image result for guppy

6 Alasan Guppy Sering Di Dasar Akuarium

1. Ikan guppy yang hamil akan melahirkan
Salah satu penjelasan ketika melihat ikan guppy betina nongkrong di bagian bawah akuarium adalah bahwa dia hamil dan dalam proses melahirkan. Jika Anda memelihara guppy betina dan jantan, kemungkinannya sangat besar bahwa mereka akan bereproduksi dan bahwa betina akan melahirkan burayak.

Jika ikan guppy betina memiliki perut yang membuncit dan tampaknya mencari sudut akuarium yang damai atau terpencil, dia sepertinya bersiap untuk melahirkan. Jika Anda mulai melihat burayak berenang di dalam akuarium dalam beberapa jam, Anda dapat yakin bahwa alasan dia berdiam diri di bagian bawah akuarium adalah agar dia dapat melepaskan bayi-bayinya dengan damai.

Sekarang setelah tahu alasan mengapa ikan guppy berada di dasar akuarium, Anda memiliki masalah lain yang perlu dikhawatirkan: apa yang harus dilakukan dengan semua burayak guppy itu? Jika Anda ingin memelihara burayak sampai besar, Anda harus memisahkannya dengan ikan dewasa, jika tidak mereka akan dimakan oleh ikan dewasa itu.

Bagaimana jika guppy yang berdiam di bagian bawah akuarium bukan betina, sehingga tidak mungkin hamil dan tidak dalam proses melahirkan? Kami akan membahasnya di bawah ini.

2. Ikan guppy stres
Stres bisa menjadi alasan lain mengapa ikan guppy Anda nongkrong di dasar akuarium. Ada banyak hal yang dapat memberi tekanan pada ikan Anda, termasuk lingkungan akuarium yang berisik, terlalu banyak penanganan (misalnya ketika ikan dipindahkan dari satu akuarium ke akuarium yang lain), atau akuarium yang tidak dirawat dengan baik.

Ikan guppy juga bisa menjadi stres jika ikan lain mengejarnya atau menyakitinya. Sedangkan ikan guppy betina dapat menjadi stres jika guppy jantan terus mengejar mereka. Akuarium yang kelebihan penghuni juga dapat menyebabkan stres karena tingginya tingkat kotoran, racun, dan kekurangan oksigen.

3. Teman akuarium yang salah
Bahkan meski mereka membutuhkan parameter air dalam kisaran yang sama, beberapa ikan tidak cocok satu sama lain. Tankmate yang salah dapat menyebabkan agresi, perilaku teritorial, pertarungan, dan cedera. Ikan juga akan sangat stres bila ditempatkan di akuarium yang sama dengan ikan yang tidak cocok dengan mereka. Hal ini dapat menyebabkan masalah perilaku seperti pembullyan dan ikan yang lebih lemah dapat mati.

Saat memilih teman akuarium untuk ikan guppy Anda, pastikan mereka adalah ikan yang cocok. Teman akuarium yang cocok untuk guppy adalah molly, platy, swordtail, cory catfish, bristlenose pleco, dan lainnya. Jangan memelihara ikan guppy dengan ikan besar yang bisa memakannya atau ikan penggigit sirip. Angelfish, cichlid, dan Endler bukanlah pilihan yang baik untuk teman ikan guppy.

Hindari juga memelihara ikan yang memiliki persyaratan suhu berbeda dengan harapan mereka bisa beradaptasi. Meski beberapa ikan dapat beradaptasi untuk hidup pada suhu di luar parameter ideal pilihan mereka, sebagian besar ikan tidak.

5. Penyakit
Jika ikan guppy Anda sakit, Anda mungkin menemukannya berbaring di dasar akuarium tanpa bergerak atau kesulitan berenang atau bernapas. Banyak penyakit yang dapat memicu perilaku ini atau menyebabkan masalah renang termasuk gangguan gelembung berenang, dropsy, infeksi parasit, infeksi bakteri, dan lainnya.

Anda harus selalu berusaha mencari gejala lain (misalnya bercak atau lesi pada tubuh, sirip compang-camping, kehilangan nafsu makan, dan lainnya) untuk membantu mengidentifikasi jenis penyakit yang menyebabkan masalah ini.

Jika itu adalah penyakit yang dapat diobati, Anda harus segera menggunakan obat yang tepat dan melakukan penggantian air. Anda mungkin juga perlu memindahkan beberapa ikan yang sakit-sakitan ke dalam akuarium karantina untuk mendapatkan perawatan yang lebih khusus dan untuk mencegah penyebaran penyakit ke ikan lain.

Mencegah penyakit harus selalu menjadi garis pertahanan pertama Anda. Selalu karantina ikan baru, budidayakan pakan ikan sendiri, lakukan penggantian air secara teratur, dan siapkan semua peralatan yang diperlukan.

6. Keracunan amonia
Keracunan amonia adalah alasan lain mengapa Anda melihat ikan guppy berada di bagian bawah akuarium. Keracunan amonia dapat mematikan ikan dan kadar amonia harus dipantau.

Keracunan amonia bisa terjadi tiba-tiba ketika ada lonjakan amonia yang besar di akuarium (itu bisa terjadi di akuarium yang baru bersiklus) atau itu bisa terjadi secara perlahan selama periode waktu tertentu jika kadar amonia tidak dipantau dan penggantian air tidak teratur.

Selain melihat ikan guppy di bagian bawah akuarium, ada beberapa tanda lain yang terkait dengan stres amonia atau keracunan amonia seperti kelesuan, kehilangan nafsu makan, sirip menguncup, garis merah atau bercak berdarah dalam kasus yang lebih serius.

Quote Of The Day

If you cannot do great things, do small things in a great way.
~Napoleon Hill

Your time is limited, so don't waste it living someone else's life
~Steve Jobs

Without hustle, talent will only carry you so far
-Gary Vaynerchuk

Entri yang Diunggulkan

Perbedaan LAN Straight dan Cross

About

I am a blessed man who gifted an angel plus super cute cupid ever made on this called planet with name Ea.rt.h